Agustus 08, 2011

Sebuah Petuah dari Sahabat

Akhir-akhir ini saya mulai berpikir. Tentang apa saja yang sudah saya lakukan, apa yang telah saya buat, apa yang telah saya capai. Ternyata saya memang belum mendapat suatu pencapaian yang berarti. Usaha saya jalan di tempat. Entah hidup, entah kuliah. Apa saja.
Beberapa teman saya sudah banyak yang mencoba untuk menyadarkan saya. Mulai dari ngomong secara baik-baik, sampai dengan cara penyindiran. Tapi saya selalu ndableg, gag mau tahu.
“Rin, kamu mau lulus tahun kapan?”
“Rin, kamu lulus bareng aku aja ya?”
“Kamu nunggu di DO ya?”
“Kamu tuh gag ngerjain skripsi malah kerjaannya main-main ajah, nongkrong-nongkong gag jelas.”
“Cepet diselesein skripsimu. Biar cepet tenang juga.”
Sindiran yang paling pedes ya ini, “Ayo semangat mba. Kan udah ada hobi baru, yaitu ngopi. Tinggal perluas jaringan ajah, ada yang mau jadi komunitasmu atau engga. Yang jelas sih saya ndak mau.”
Plaaaaaaaaaaaakkk!!!
Saya sakit hati bener ama yang itu. Ndak tahu napa. Tapi saya tetep ndableg. Bodo amat ngurusin. Sampai akhirnya saya dinasehatin teman saya, dan ini bener-bener bikin saya tertohok.
Waktu itu teman saya itu, Cak Amb, mau pergi ke Surabaya. Dia mau cari kerja di sana. Sehari sebelumnya, dia minta ketemu sama saya. Kami memang lumayan dekat. Saya sudah anggap dia sebagai kakak saya sendiri. Dia sering curhat sama saya, walaupun saya jauh…jauh sekali lebih muda dari dia. Dalam obrolan kami, dia bilang sama saya,
“Kita sama-sama berjuang ya yuk.. awas lho, setelah tak tinggal kamu harus lebih rajin. Jangan malah semakin malas. Segera selesein apa yang perlu diselesein. Aku pengennya kita sama-sama sukses. Aku gag suka kalau aku sukses sendirian. Teman saya juga harus sukses. Kalau aku liat ya, kamu tuh selama ni nyantae banget. Itu gimana?”
“Hehehe,. Memang saya ini orangnya kaya gini cak. Nyantae. Mmm.. jadi gini cak. Aku bisa aja rajin, cepet nyelesein skripsi dan lulus. Dan itu bisa banget. Cuma masalahnya, aku tuh sama sekali gag ada semangat, greget buat itu. Itu yang sampai ini aku cari cak. Aku juga gag tahu napa aku kaya gini.”
“Ya gag boleh gitu yuk. Kamu harus semangat. Kamu gag boleh nunggu sampai semangat itu datang, tapi kamu yang harus membuat semangat itu. Jadi gini, yang aku takutkan to yuk, kamu itu terlalu nyaman dengan duniamu saat ini, nyaman dengan teman-teman barumu. Jangan sampai kaya gitu.”
Deg!!! Itu yang selama ini saya gag pernah kepikiran. Nyaman. Terus terang, saya kepikiran omongannya.
Saya mulai introspeksi. Hasilnya, saya mulai mengurangi jadwal nongkrong dan ngopi saya. Tetapi untuk masalah malas, saya masih berusaha memeranginya. Ini hal yang sangat susah ;p
Ada hal yang perlu saya jelaskan di sini terkait dengan testimoni dari teman saya. Ngopi=hobi baru?
Sebenarnya engga. Sudah sejak lama saya suka ngopi. Bahkan sebelum saya bekerja di warung kopi. Saya yang memang dasarnya suka sekali main, di sini saya ketemu dengan orang-orang yang suka main pula. Klop. Hebatnya, teman-teman nongkrong saya itu bisa membagi antara kuliah dengan main dan nongkrong, jadi kulia mereka bisa kelar pada waktunya. Sedangkan saya? Jangan ditanya. Kalau sudah keasyikan main, ya sudah… bubar sudah. :D
Itu yang membuat saya masih berada di Jogja, sedangkan teman-teman saya sudah berada jauh di luar Jogja ;p
Okeee… saya harus menata kembali hal-hal yang masih berantakan. Saya juga tidak ingin seperti ini terus-terusan. Ada hal yang saya sadari saat ini,
“Saya gag pernah benar-benar serius melakukan sesuatu.”
Dan itu harus saya rubah. Ada beberapa hal yang saya harus serius melakukannya, dalam hal ini menyelesaikan kuliah.

Semangat!!! :)

Bisous,...bisous,... ***

Tidak ada komentar: